Viral! Warga Malang Sebut Tiket Ke Luar Negeri Lebih Murah

4 Min Read

Malang- Biaya transportasi dalam negeri, terutama penerbangan domestik diketahui terus melambung beberapa waktu terakhir ini. Seiring dengan semakin tingginya tarif harga tiket penerbangan domestik menyebabkan warga masyarakat gerah.

Mengenai harga tiket yang kian meningkat, masyarakat pun menyampaikan keresahannya melalui media sosial salah satunya TikTok. “Pak Menteri tolong dong tiket sesama Indonesia itu dimurahin supaya pariwisata kita lebih maju. Masyarakat Indonesia kalau mau liburan nggak perlu ke luar negeri cukup di Indonesia saja.”, tutur akun @nelly_malang dalam video singkatnya. Dalam video itu, diketahui bahwa pemilik akun tersebut sedang berlibur di sebuah destinasi wisata berlokasi di Toraja, Sulawesi Selatan, bernama Negeri Di Atas Awan.

Kontan saja video yang tampaknya ditujukan untuk Menteri Pariwisata Sandiaga Uno itu sontak ramai dikomentari dan dibagikan berulang-ulang oleh warganet. Dalam penelusuran tim infomalangraya.com video yang diunggah pertama kali pada tanggal 20 Maret 2023 itu viral dan mendapatkan respon yang luar biasa dari warganet. Sebagian besar warganet pun setuju dengan yang disampaikan akun @nelly-malang tersebut.

Lebih lanjut, tim infomalangraya.com telah berhasil menghubungi pemilik akun TikTok @nelly_malang melalui aplikasi pesan singkat pada Sabtu 25/3/2023. Perempuan bernama lengkap Laily Fitriyah Liza Min Nelly itu ternyata adalah seorang tourism enthusiast, dirinya kerap mendatangi berbagai spot wisata di Indonesia. Nelly mengakui bahwa hampir semua spot wisata di Indonesia pernah dia kunjungi sehingga menurutnya dia bisa membandingkan harga tiket. “Di masa liburan, kita menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk bersama kerabat dan keluarga. Melepas penat kesibukan adalah hal yang rutin saya lakukan. Namun akhir-akhir ini kok tiket semakin mahal. Ke luar negeri lebih murah lho, ini kan ironis sekali. Wisata di negeri sendiri sangat mahal.”, keluhnya.

Nelly yang sehari-hari adalah seorang pengusaha kuliner di Malang itu berharap, harga tiket penerbangan domestik bisa turun sehingga terjangkau untuk masyarakat luas. “Destinasi wisata kita sangat bervariasi, gunung, pantai dan lain-lain. Di Indonesia semua ada, negara kita memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Turis mancanegara saja berkunjung ke Indonesia, masa kita tidak bisa menikmati keindahan alam Indonesia karena terkendala harga tiket pesawat. Ini kan sangat disayangkan.”, tuturnya.

Nelly memohon kepada pemerintah agar menanggapi aspirasi warga masyarakat. “Pemerintah tidak boleh tutup mata, karena ini untuk kemajuan pariwisata kita dan kesejahteraan masyarakat disekitar destinasi itu juga.”, tegasnya.

Video yang menghebohkan itu telah ditonton hampir mencapai 600ribu kali, dibagikan 300 kali, disukai sebanyak 48ribu dan dikomentari lebih dari seribu kali.

“Betul ke Singapura lebih murah.”, ungkap akun @devinahaha dalam komentarnya di video tersebut.

“Bener juga malu kalau liat orang asing lebih tahu tempat tempat di Indonesia.”, kata akun @Kang Salty.

Tidak hanya berkomentar, warganet pun beramai-ramai menandai akun Sandiaga Uno, namun belum tampak ada respon dari Menteri, Wakil Menteri, maupun jajarannya.

Ternyata tak hanya viral di TikTok saja, warganet juga telah membagikannya ke Instagram. Wajah Nelly menghiasi akun-akun gosip. Sampai dengan berita ini ditulis Kementerian Pariwisata belum memberikan tanggapannya terkait keluhan warga masyarakat yang prihatin dengan mahalnya harga tiket domestik.

Mengingatkan kembali, bahwa dalam rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan, Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama pada awal tahun 2023 tepatnya bulan Januari, pernah menyebut harga tiket pesawat sudah tidak masuk akal. Suryadi pun menyoroti permasalahan harga tiket penerbangan yang masih terpatok tinggi, ironisnya harga tiket dengan jarak yang lebih jauh, lebih murah dibandingkan rute yang lebih dekat. Dalam statementnya Suryadi dengan tegas meminta permasalahan harga tiket untuk segera ditertibkan.

Penulis : Yahya Rosidi

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version